Dear all,

Panitia Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2016 memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada pemuda-pemudi Bangka Belitung yang telah berpartisipasi dalam seleksi tahap awal PPAN 2016 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tahun ini kami merasa bangga karena meski durasi pendaftaran cukup singkat, tetapi berkas pendaftaran yang kami terima memiliki kualitas yang tak kalah dengan pendaftar tahun-tahun sebelumnya. Walaupun begitu, kami menyayangkan akan kurangnya berkas yang dikirimkan beberapa peserta dan adanya kemungkinan tindakan plagiarisme yang berimbas pada pengurangan poin. Kami berharap pada masa yang datang, para peserta lebih siap dan tidak mengulangi kelalaian yang sama.

Dari hasil penilaian berkas peserta, kami menemukan beberapa hal yang perlu menjadi catatan. Pada dasarnya, sudah banyak peserta yang memenuhi syarat pemberkasan, tetapi masih ada yang jauh dari ekspektasi kami. Misalnya, essay yang terstruktur per point, mempunyai subjudul, tidak runtunnya pembahasan dari satu topik ke topik lain, dan lain sebagainya.

Selain itu, kami juga menemukan beberapa kekurangan dalam penulisan PPA. Banyak peserta seleksi yang belum mengerti esensi dari PPA itu sendiri, meski contoh proyek yang dilakukan oleh PCMI telah dilampirkan melalui website ini. Kami sangat senang melihat ide-ide proyek yang cemerlang dari para peserta, tetapi ada beberapa proyek yang dinilai terlalu besar cakupannya sehingga terlihat kurang realistis untuk diimplementasikan.

Mengenai ketentuan pengiriman berkas juga menjadi catatan dari tim seleksi. Banyak peserta mengunggah fail dengan ukuran di luar standar yang telah ditetapkan, sehingga kami kesulitan mengunduh fail tersebut.

Dengan adanya catatan ini, kami harap dapat memberikan pandangan baru kepada peserta yang berencana mengikuti seleksi PPAN pada tahun-tahun mendatang.

Tim penilai seleksi PPAN 2016 telah melakukan proses CV and Document Reviewing, PPA Proposal and Essay Scoring, dan Wawancara/Interview (khusus Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Tengah). Sesuai keputusan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kep. Bangka Belitung, maka panitia seleksi telah memilih 35 finalis yang akan diundang untuk mengikuti seleksi tahap akhir dan program karantina, yang akan dilaksanakan pada tanggal 14-17 April 2016 di Kota Pangkalpinang. Berkaitan dengan hal ini, panitia akan menyediakan akomodasi selama kegiatan seleksi berlangsung, uang saku, dan penggantian biaya transportasi dari kabupaten/kota masing-masing ke tempat seleksi.

Kemudian, melalui pengumuman ini juga kami ingin menyampaikan beberapa hal penting, yaitu:

a) Administration Screening dan penilaian berkas dilakukan oleh tim penilai administrasi.  Scoring dilakukan berdasarkan beberapa aspek  yang meliputi Leadership melalui riwayat organisasi, Achievement melalui prestasi (Kabupaten = 1, Provinsi/Universitas = 2, Nasional = 3, Internasional = 4),  Learning Capacity and Willingness melalui forum/seminar/workshop/lokakarya/kegiatan volunteering, Community Development Ability melalui bukti-bukti pengalaman dalam bidang pemberdayaan masyarakat dan PPA Proposal, English Proficiency (TOEFL/IELTS), serta kemampuan dalam bidang Seni dan Budaya.

 Perlu diketahui, mekanisme penilaian terhadap English essay dan proposal PPA yang dilakukan oleh tim penilai melalui proses Blind Scoring, di mana para penilai tidak mengetahui nama peserta pemilik berkas yang dinilai, dengan cara menghapus/menghitamkan nama peserta yang tercantum pada setiap berkas. Hal ini dilakukan agar penilaian benar-benar dilakukan secara objektif. Selain itu, metode yang digunakan untuk penilaian Essay mengacu pada Ide/ Gagasan, Teknik Penyajian, dan struktur essay. Sedangkan untuk proposal PPA mengacu pada Metode SMART (SpecificMeasurableAction Oriented, Realistic and Relevant, Time-Based).

b) Berdasarkan hasil screeningreviewing dan scoring berkas administrasi yang telah dikirim, saat ini kami telah mengantongi daftar Top 35 yang diambil dari hasil perankingan dan kuota yang telah ditentukan. Namun, berkaitan dengan beberapa kondisi berupa penyesuaian kuota 5 finalis per kabupaten/kota dan adanya dua kabupaten yang memiliki kekosongan kuota, yaitu Bangka Selatan (sisa kuota 2 orang) dan Belitung Timur (sisa kuota 2 orang), maka kami memilih 4 peserta dari seluruh peserta (selain finalis utama) sesuai dengan ranking tertinggi untuk menjadi Finalis Wild Card sebagai pengisi kekosongan tersebut. Sedangkan untuk Finalis Cadangan adalah peserta yang hanya akan mengikuti seleksi Tahap Akhir apabila terdapat Finalis Utama atau Wild Card yang mengundurkan diri.

Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi para pemuda-pemudi Bangka Belitung yang sangat luar biasa. Kami semua berharap semoga para peserta baik yang melaju ke seleksi tahap final dan karantina maupun peserta yang belum berhasil agar tetap konsisten menjadi pemuda-pemuda yang penuh semangat, prestatif dengan karya-karya inspiratif serta senantiasa mengembangkan diri baik dalam bidang keilmuan, sosial kemasyarakatan, seni dan budaya serta dalam bidang-bidang lainnya.

Pangkalpinang. 8 April 2016

Salam hangat,

Panitia Seleksi PPAN Babel Tahun 2016

 

*******

 LAMPIRAN

I) Daftar Finalis Utama dan Cadangan Seleksi PPAN 2016 per Kabupaten/Kota.

  • KOTA PANGKALPINANG:
  1. Mona Moulia
  2. Tomi Sah
  3. Ajie Prayoga
  4. Vosby Florensi
  5. Vebtasvili

Cadangan: 1) Annisa Rohmah 2)Iptah

  •  KABUPATEN BANGKA:
  1. Yusuf Setiawan Putra
  2. Fanny Pratama Putra
  3. Disa Natasia Wahyuni Putri
  4. Valensia Enzeline
  5. Regia Putri Swastian

Cadangan: 1) Pujo Abidin 2) Dharfan Aprianto

  • KABUPATEN BANGKA BARAT:
  1. Ahmad Yusuf
  2. Lusi Rizki Aulia
  3. Dessy Yanti
  4. Agung Purnama
  5. Eva Pratiwi

Cadangan: Tri Aprilia Ningsih

  • KABUPATEN BANGKA TENGAH:
  1. Mustika Rini
  2. Annisa
  3. Maryogi
  4. Mira Handayani
  5. Dita Amelia

Cadangan: Elveni Zarima

  • KABUPATEN BANGKA SELATAN:
  1. Ardiyanto
  2. Abdurrohman Setiadi
  3. Dilla Augustine Kolina

Cadangan: –

  • KABUPATEN BELITUNG:
  1. Cinderi Maura Restu
  2. Herni Septiani
  3. Yuanna Lestari
  4. Nur Indah Islami
  5. Yola Risti Azhari

Cadangan: 1) Silvia Pungky 2) Ahmad Fikri Maulidi

  • KABUPATEN BELITUNG TIMUR:
  1. Nova Sari
  2. Eka Diati Ningsih
  3. Regina Dwi Nusanti

Cadangan: –

IMPORTANT NOTE: Untuk finalis utama (5 orang) dari tiap kabupaten/kota, dipersilakan menghubungi Dispora masing-masing untuk mendapat surat tugas yang akan dibawa ke seleksi Tahap Akhir tingkat Provinsi.

II) Daftar Finalis Wild Card untuk Kuota Bangka Selatan dan Belitung Timur

  • KABUPATEN BANGKA SELATAN (2 orang):
  1. Mutia Amani
  2. Ghaida Roshuna
  • KABUPATEN BELITUNG TIMUR (2 orang):
  1. Berta Yurezka
  2. Rizky Ramadhani A P

Catatan: Finalis Wild Card akan mendapatkan surat tugas dari kabupaten yang diwakilinya.Penentuan Finalis Wild Card dilakukan dengan mengurangi poin wawancara untuk peserta dari Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Tengah agar mendapatkan komponen nilai yang sama dengan peserta dari kabupaten lainnya. Kami memilih Finalis Wild Card berdasarkan ranking seluruh peserta yang tidak termasuk finalis utama.

Bagi peserta yang lolos sebagai finalis, diharapkan untuk memberikan konfirmasi kehadiran paling lambat hari Senin, 11 April 2016 pukul 23:59 WIB, ke nomor 087881214127 dengan format SMS: Nama (spasi) Kabupaten (spasi) Hadir/Tidak Hadir.

Seleksi tahap akhir/ karantina akan dilaksanakan pada:

Tanggal: 14-17 April 2016

Tempat: Hotel Aksi, Jl. Raya Kace Timur, Gg. Aksi, No. 432Pangkalpinang